h1

Hubungan Seksual Pertama Kali

June 12, 2009

Siapapun anda yang sudah terlanjur membuka halaman ini, jangan lupa voting ya. Caranya gampang kok, tinggal contreng pilihannya trus klik ‘vote’. Terima kasih atas kesediaannya.

Karena pilihan anda begitu berharga….

h1

On Fire

June 10, 2009

IsEnG (2)

Di awal semester lima lalu, aku sudah berniat untuk mengupgrade blog ini, baik dari sisi konten maupun penampilan. Namun hampir sekian bulan berjalan nampaknya ide tersebut belum sempat terealisasi dengan alasan yang klise, don’t have any time to do it beause of the rutinity. Ah rupaya aku masihlah orang yang terjebak dengan batasan kuantum dan tentu saja ketidakmampuan dalam memanjamen waktu.

Tidak ada artikel baru yang terposting pasca postingan terahir pada bulan Desember tahun lalu. Sementara sekarang sudah memasuki bulan Juni, lima bulan berlalu sejak postingan itu. Hal ini memang mengindikasikan bahwa salah satu tujuan dibuatnya blog ini gagal tercapai, yaitu sarana untuk latihan menulis. Padahal tidak ada persyaratan apapun dalam menulis di sini, jika anggota The HARJo punya tulisan dalam bentuk apapun itu baik tulisan serius (seperti model Joe) ataupun non serius sekedar having fun seperti tulisan-tulisanku sebelumnya, aku akan dengan senang hati membantu mereka untuk mengupdatenya.

Read the rest of this entry »

h1

Warna-warni Semester Lima

December 30, 2008
Kami menyebut semester ini sebagai ‘semester panas’, semester yang menguras tenaga, pikiran, dan tentu saja dana. Sejak awal semester lima lalu kami sudah dituntut bekerja lebih dari semester-semester sebelumnya; begadangan larut malam mengerjakan makalah, memburu buku-buku referensi, menyempatkan diskusi materi diantara jeda-jeda kuliah, lari-lari mengejar deadline, sampai di ‘hajar’ dosen pembimbing presentasi, semua telah kami rasakan. Hingga sampai pada detik ini kami merasa bahwa semua yang telah kami kerjakan tersebut benar-benar menguji kesabaran dan mental kami.

Memahami bahwa setiap apa yang kami kerjakan adalah salah satu upaya untuk kehidupan yang lebih baik, maka sudah selayaknya bila kami berusaha menciptakan nilai-nilai yang akan memberikan makna bagi kehidupan itu sendiri (haleeehh). Kamipun berusaha untuk memaknai setiap usaha kami sebagai suatu pembelajaran hidup, bahwasanya siapapun yang ingin berhasil dalam kehidupannya pastilah mengawali dan menjalani segala rintangan dalam usaha mencapi tujuan-tujuannya tersebut dengan pandangan yang positip. Bahwa setiap rintangan sesungguhnya adalah suatu upaya untuk mendewasakan proses berpikir dan bersikap. Read the rest of this entry »

h1

SKS = Satuan Kredit Semester? Sistem Kebut Semalam? Saatnya Kita Sahur? atau Sayang, Kamu Sweety?

September 22, 2008

SKS. Mahasiswa pasti sering mendengar dan mengucapkan kata “SKS”, entah yang dimaksud Satuan Kredit Semester atau Sistem Kebut Semalam. Jika yang dimaksud adalah Satuan Kredit Semester, apakah mahasiswa sudah benar-benar paham (dan melaksanakannya)???

Sangat disayangkan jika pihak fakultas tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan SKS. Padahal itu penting banget! Menurut saya, itu merupakan “kunci” dari keberhasilan mahasiswa dalam studi. Keberhasilan yang saya maksud di sini mencakup keberhasilan yang dilihat dari Indeks Prestasi dan (yang lebih penting lagi) keberhasilan dalam memahami materi kuliah dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oke, bagi yang belum paham mengenai SKS dan ingin mengetahui, silakan baca terus  ;-D

Menurut “Buku Pedoman Pendidikan Psikologi” yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Unair:
Untuk kegiatan perkuliahan, nilai 1 (satu) SKS ditentukan berdasarkan atas beban keiatan per minggu selama 1 semester.

Untuk mahasiswa, 1 (satu) SKS itu … Read the rest of this entry »

h1

The Three Important Things

September 22, 2008

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di awal semester lima, aku berpikir bahwa aku harus benar-benar menikmati semester lima ini. Sudah separuh jalan dari studi S1. Rasanya empat semester kemarin cepaaaat banget berlalu. Dari hal inilah akhirnya aku berpikir mengenai resolusi untuk semester lima. Inti dari resolusiku ialah “fashionable brain”, maksudnya brain dan penampilan harus fashionable ;-P

Sekarang aku selalu mempersiapkan tiga (3) hal pada malam hari sebelum besoknya kuliah:

1. Materi kuliah –> (Baca dulu di silabus, besok materi kuliahnya apa, kemudian baca bukunya, sehingga besok kalau dosennya menjelaskan atau ada kelompok yang presentasi, bisa “nyambung”. Hal ini juga bisa memperingan beban ketika UTS/UAS.)

2. Stationary –> bolpoin, spidol warna, flashdisk, post-it flag (Aku suka bikin catatan yang berwarna-warni atau mind mapping, supaya kalau belajar tidak boring).

3. F.A.S.H.I.O.N. –> kaos, jumper/blazer, aksesori (pin/gelang/kalung) sesuai dengan warna kaos, sepatu + kaos kaki. Kalau celana jeans, biasa warna biru atau hitam. (Pakaian juga aku sesuaikan dengan jadawal kuliah. Kalau kuliah mulai pagi sampai sore pakai polo shirt aja supaya tidak kepanasan, tapi kalau sampai siang saja bisa pakai polo shirt plus jumper yang ada hoodie-nya ^_^, kalau hawanya lagi dingin (jarang, sih) pakai polo shirt plus blazer yang diberi cute pin.)

Aku hanya tidak ingin menyia-nyiakan masa muda. Kapan lagi kita bisa bebas mengekspresikan diri, kalau tidak sekarang. Apalagi kalau sudah di dunia kerja, kita belum tentu bisa memakai pakaian yang nyaman dan kita suka, dan belum tentu prestasi atau usaha kita dihargai.

*joe*

h1

Internet di Kompi Kelas

September 17, 2008

Kapan hari aku ngeblog tentang virus yang merajalela di komputer kampus, eh sekarang ternyata komputer sarana belajar mengajar di kelas malah udah terkoneksi internet. Mungkin itu kali ya, biar gampang kalau mau update antivirusnya.

Sebenarnya keren sih, tiap kelas udah bisa online. Cuma sayangnya hanya bisa dipake buat buka website Psikologi doang. Wahahahah…. Buat browsing google, jurnal, dll ga bisa!

Kayaknya kampus takut kalau koneksi internet di komputer kelas bakalan digunakan oleh mahasiswa dengan semena-mena. Please deh… Ketakutan yang ga beralasan. Justru seharusnya dengan adanya koneksi itu bisa makin los membantu proses belajar di kelas. Misalnya, waktu kuliah dosen kan bisa sekaligus nunjukin jurnal-jurnal yang bisa di browse, atau langsung surf di tempat aja klo ada bahan kuliah yang lagi dibutuhin. Lagian mahasiswa dan dosen kan juga udah sama-sama dewasa, ga mungkinlah bakalan buka friendster n buka bokep bareng-bareng atau cetingan di komputer kelas pas lagi kuliah😛 Iya kan… Iya kan?

Gimana nih kampus, kebijakan koneksi internet di komputer ruang kelas kayaknya perlu di tinjau ulang nih…

Buka keylognya! Freedom for internet!

h1

Yihaaaaa… Kampus Berviruz!

September 10, 2008

Gara-gara habis nyolokin flashdisk ke kompi ruang 301 buat ngopi slide pelajaran kemarin, flashdisku langsung sekarat. Ajeee gileee…. Semua file yang ada di luar folder ilang, habislah sudah semua maha karyaku! Termasuk resensi buku-buku yang baru aja kubuat, foto-foto yang belum sempat masuk folder, tugas-tugas kuliah dan beberapa artikel yang sedianya mau dimasukin blog.

Belum lagi gara-gara serangan virus itu proses belajar mengajar yang terganggu, karena tiap kali dosen masukin flashdisknya ke komputer kelas, semua file yang ada di folder mereka langsung ilang. Hihihihi awalnya sebagai mahasiswa aku senang, karena berharap pelajaran akan diahiri, wahahaha ternyata aku salah! Dosennya tetep ngajar pake print out heuuuuh…

Lagian kenapa si, kampus sekeren psikologi Unair *narsis* komputer di ruang belajarnya gak dilengkapi anti virus. Ck..ck.. Mestinya pengalaman yang dulu-dulu kan bisa diambil hikmahnya, seandainya sejak awal kita antisipasi mestinya hal seperti ini ga bakal terjadi.

Inget kan kata kalau ga salah Plato, eh Aris Toteles bukan ya? Atau si Socrates? halah lupa aku siapa namanya itu, pokoknya yang pernah diajarkan di matkul Psi Belajar, mengatakan bahwa “we’re born capable of learning..” Tapi kenapa kampus kita belum bisa belajar dari kesalahan masa lalu??